Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Langkah Instalasi Xampp

XAMPP adalah sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5) dan beberapa module lainnya sehingga kita tidak perlu lagi repot menginstall software itu secara terpisah. XAMPP dapat di download di http://www.apachefriends.org/en/index.html.  Berikut ini langkah-langkah menginstall XAMPP 1.4.12 yang penulis gunakan :
  1. Jalankan file xampp-win32-1.4.12-installer.exe (atau versi lainnya)
  2. Kemudian akan tampil pilihan untuk memilih bahasa ketika proses instalasi berjalan. Silakan pilih  bahasa Indonesian atau English, kecuali anda menguasai bahasa lainnya. Pada contoh ini saya memilih bahasa Indonesia
  1. Proses instalasi akan dimulai. Klik Maju untuk memulainya. 
 
  1. Akan muncul lisensi software. Silahkan dipahami lisensi softwarenya. Klik Saya Setuju untuk melanjutkan.
 
  1. Selanjutnya pilih lokasi install untuk XAMPP. Lokasi instalasi terserah anda mau tempatkan di drive mana. Pada contoh ini saya akan insall Xamp dilokasi default yaitu C:\xampp. Kemudian klik install
  1. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  1. Sampai tahap ini, berarti kita sudah menginstal XAMPP. Itu berarti kita sudah selesai menginstall PHP, APACHE dan MYSQL. Langkah selanjutnya adalah menjalankan servicenya.
  2. Jalankan XAMPP Control Panel yang ada di desktop. Atau anda juga dapat menjalankan XAMPP Control Panel dari menu Start -> All Programs -> apachefriends -> xampp -> xampp control panel.
  1. Nyalakan Apache dan Mysql dengan mengklik tombol Start. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost. Jika tampilannya seperti di bawah ini, maka apache sudah terinstall dengan benar.

Posting Komentar

0 Komentar