Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Membuat Website Gratis

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang cara membuat website menggunakan joomla dengan menggunakan webhosting gratisan dari idhostinger. Sebelumnya download dahulu file cms joomla di sini. Kemudian setelah didownload silahkan daftar di sini untuk webhostingnya. Untuk cara daftar silahkan klik di sini.

Pada dasarnya terdapat empat tahapan dalam membuat website kita termasuk pendaftaran di webhosting. Tahap pertama sudah saya terangkan di postingan sebelumnya. sekarang saya akan menerangkan 3 tahap yang lainnya disini yaitu tahap pembuatan database di webhosting, impor website di webhosting dan pemasangan website kita. web hosting yang saya gunakan adalah webhosting lokal yaitu idhostinger. Sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat website anda dengan Joomla.

  1. Tahap Pembuatan Database

    Buka halaman website idhostinger di sini dan silahkan anda Login menggunakan alamat email dan password yang anda gunakan saat pendaftaran.

     

    Klik Kontrol Panel maka akan tampil Kontrol Panel Akun Website yang sudah anda buat sebelumnya. Klik tulisan Beralih maka anda akan dibawa ke fasilitas idhostinger. Untuk memulai membuat website Joomla terlebih dahulu kita buat Database SQL menggunakan fasilitas dari Idhostinger

     

    Gulung mouse ke bawah pada halaman fasilitas idhostinger hingga ketemu Tool Penting yang berisi Database MySQL, PhpMyAdmin dll. Seperti di bawah ini

     

    Pilih Database MySQL kemudian isi form Nama Database, Username dan Password. Setelah diisi semua pilih Buat

     

    Setelah Tombol Buat dipilih maka akan tampil “tulisan database telah dibuat” dan keterangan tentang database yang telah anda buat sebelumnya pada kolom “Daftar User dan Database MySQL Saat ini”. Copy nama database, user MySQL dan Host/Server MySQL pada notepad atau dimanapun ada dapat melihatnya

    Pada tahap ini database anda sudah selesai dibuat. Tahap selanjutnya adalah mengupload CMS website Joomla yang di download pada awal artikel ini.

     

  2. Tahap Mengimpor Website

    Masih ingatkan di mana letak CMS Joomla yang anda download tadi ? file tersebut akan kita gunakan pada tahap ini, jadi anda harus tahu di mana anda menyimpan file CMS Joomla yang anda download tadi.

    Masih berada pada halaman Database MySQL seperti pada gambar di atas. Gulung lagi Mouse Computer anda dan perhatikan kolom sebelah kiri pada halaman Database MySQL hingga ketemu Impor Website seperti di bawah ini

     

    Klik Impor Website, maka akan tampil halaman Impor Website

     

    Pilih Telusuri dan cari di mana CMS Joomla yang anda download tadi, klik Open kemudian klik Impor website

     

     Tunggu Hingga Proses Impor Selesai

    Sampai di sini website anda sudah masuk di layanan webhosting milik Idhostinger. kita lanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahap pemasangan website.

  3. Tahap Pemasangan Website

    Ketik alamat website yang sudah anda buat pada tahap pendaftaran dan tekan Enter pada keyboard komputer anda. Alamat website yang saya buat sebelumnya adalah www.herrypernando.p.ht maka saya ketikan alamat tersebut pada address bar web browser Mozilla saya.

    Setelah tombol Enter anda tekan maka akan tampil halaman pemasangan situs Joomla! Seperti dibawah ini

     

     

    Pilih bahasa yang anda gunakan selama proses pemasangan. Disini saya pilih bahasa Indonesia. Isilah form yang tersedia sesuai keinginan anda. Ingat  nama pengguna admin dan sandi admin karena akan digunakan untuk masuk di halaman pengelolaan website utama anda. Kolom deskripsi tidak wajib untuk diisi, jadi kita kosongkan saja. Setelah form di isi semua klik Berikutnya. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman pengisian database seperti di bawah ini

     

    Pilih tipe database MySQLi, isikan Nama Host, Nama Pengguna, Sandi dan Nama Database sesuai dengan database MySQL Idhostinger yang di copy ke notepad tadi ( akhir tahap pembuatan database ). Jika telah selesai diisi klik Berikutnya maka akan tampil halaman Ikhtisar. Pada pilihan “Finalisasi”, pilih salah satunya data standar yang ada. Pada tutorial ini saya pilih "Contoh Data Blog English (GB)", pada pilihan “Ikhtisar” pilih “Ya” jika anda ingin catatan konfigurasi website anda dikirim ke email anda, pilih “Tidak” jika anda tidak ingin mengirimkan catatan konfigurasi website anda dan kemudian Klik Pasang dan tunggu hingga proses pemasangan selesai. Jika pemasangan telah selesai maka akan tampil halaman seperti di bawah ini

     

    Selanjutnya Klik Hapus Direktori Pemasangan. Selamat website anda sudah terpasang dan berisi konten standar dari joomla !.

    Jika anda ingin melihat website anda klik situs atau bisa juga dengan mengetik alamat website anda di address bar web browser anda. Klik administrator untuk masuk di halaman pengelolaan website anda dengan mengisi username dan password yang anda isikan pada saat pemasangan situs Joomla! untuk mengakses halaman login administrator dapat juga dengan mengetik alamat website anda dan ditampahkan "/administrator contoh "www.herry.com/administrator"

    Halaman Standar dari situs Joomla!


    Halaman Login administrator

     

    Halaman Pengelola / administrator Joomla

Posting Komentar

0 Komentar